Senin, 26 Januari 2009

Aries pimpin FLP Solo

Oleh: Eni Widiastuti
Solo, Senin 26 Januari 2009

Alhamdulillah, Allah SWT akhirnya menggerakkan jari-jari ini untuk kembali mengisi halaman blog FLP Jawa Tengah. Kami akui, cukup lama isinya tak di update karena berbagai alasan. Oleh karena itu, kami sebagai tim pengelola blog, mohon maaf kepada anda semua dan semoga Allah SWT berkenan mengampuni kami juga....Semoga ke depan, blog ini lebih diberdayakan...So, peran teman-teman sangat diharapkan...Kaish comment2 gitu ya...

Kabar teranyar berasal dari FLP Solo. Minggu, 25 Januari 2009, anggota FLP Solo baru saja melaksanakan musyawarah cabang di kantor penerbit Indiva Solo. Agendanya tak lain dan tak bukan, mendengerkan LPJ dari ketua lama, MN Furqon, dan memilih ketua baru.
Meski peserta yang datang hanya sekitar 15 orang, kegiatan itu bisa dikatakan sukses untuk ukuran penyelenggaraan Muscab. Sebelum LPJ, Afifah Afra selaku Ketua FLP wilayah Jawa Tengah memberikan wejangan untuk peserta. Intinya, anggota FLP diminta untuk terus berkarya dengan menghasilkan karya-karya yang mencerdaskan. Ditegaskan, FLP itu bisa diibaratkan sebuah organisasi profesi. Maknanya, jumlah anggota bukanlah prioritas utama FLP, tapi bagaimana orang-orang yang menjadi anggota FLP mampu menghasilkan karya nyata. Tak harus langsung mengarang sebuah novel atau buku yang berlembar-lembar, tapi hal itu harus dimulai dengan karya-karya sederhana seperti cerpen dan artikel yang kemudian dikirimkan ke media.

Setelah itu, MN Furqon pun mempertanggungjawabkan kinerjanya selama 44 bulan. ia menuturkan, di satu setengah tahun pertama, FLP Solo bisa dikatakan cukup eksis. Berbagai program kerja yang dirancang sebelumnya bisa dijalankan. Mulai dari Pelatihan Kepenulisan (Pelat Pulpen), FU Pelat Pulpen dengan berbagai kegiatan, diskusi karya, pengelolaan FLP KId's dan FLP teen's di berbagai sekolah, dan program lainnya.
"Tapi seiring waktu berjalan, kondisinya pun berubah. Minimnya SDM salah satunya karena banyak pengurus yang pindah dari Solo, menjadi salah satu penyebabnya. Pada perjalanan selanjutnya, banyak kegiatan yang tidak terlaksana. Tapi alhamdulillah Pelat Pulpen tetap berjalan sebagai ajang mencari bibit-bibit penulis baru," ujarnya.
Satu catatan penting yang mungkin bisa diambil pelajarannya oleh FLP cabang lainnya pada saat evaluasi LPJ, yakni masalah regenerasi. Pengurus FLP Solo dinilai kurang berhasil mengadakan regenerasi dan menjaga komitmen anggota. Akibatnya banyak alumni Pelat Pulpen yang secara otomatis menjadi anggota FLP Solo, seolah hilang entah kemana. Mereka tak lagi menampakkan batang hidungnya, pasca Pelat Pulpen. Akibat selanjutnya, acara-acara FLP Solo hanya melibatkan beberapa orang saja. Bahkan sang ketua dan salah satu sahabat karibnya (Aries) mengaku sering harus mempersiapkan berbagai acara sendiri. Mulai dari jadi pembicara, sekaligus ngurusin konsumsi.... (aduh, kasihan ya.....Furqon pun menegaskan agar tradisi ini tidak diwariskan pada kepengurusan FLP selanjutnya....)...

Setelah peserta bisa menerima LPJ itu dengan berbagai catatan, acara langsung dilanjutkan dengan pemilihan ketua FLP Solo yang baru. Dari empat calon yang, yakni Aries, Ranu, Rian, Eni, akhirnya si penulis Cerpen "Aku Mirip Nabi Yusuf", Aries Adinata terpilih sebagai Ketua FLP Solo tahun 2009-2011.....(Selamat ya pak ketua, semoga mimpi-mimpi tentang FLP Solo yang lebih bergairah di masa mendatang bisa diwujudkan, insya Allah temen-temen di wilayah akan selalu mendukungmu...)

Usai Salat Duhur, acara dilanjutkan dengan pembahasan tentang arahan FLP Solo ke depan...Subhanallah, banyak mimpi-mimpi indah dari temen-temen FLP Solo...(Semoga mimpi ini juga tertular kepada FLP cabang lainnya....).
Tak hanya ingin menggiatkan kegiatan tulis menulis, FLP Solo juga sedang merancang arahan baru untuk mengikuti berbagai lomba pembuatan film. Sebagai langkah awal, mereka berani ngebon kamera digital baru seharga 2,5 jutaan. Rencaanya, temen-temen FLP Solo akan membuat film dokumentar, indie dan film lainnya yang akan diikutkan dalam berbagai perlombaan.
Satu mimpi indah yang juga patut diacungi jempol dari temen-temen FLP Solo, yakni rencana mereka mengembangkan dunia tulis menulis. tak sekadar menulis cerpen dan novel, mereka pun (dan kita semua) ingin menjadi bagian dari mereka yang mampu menawarkankan sebuah sajian skenario sinetron yang berkualitas dan tentunya penuh dengan pesan moral. Kata Mba Yeni, sebenarnya FLP memiliki modal besar untuk mengganti tayangan sinetron dan FTV yang selama ini dinilai tak bermutu.
"Kita punya ratusan karya yang syarat makna. Soal modal jangan khawatir, saat ini banyak orang kaya yang justru kesusahan untuk memutarkan uangnya. Jadi mimpi untuk membuat skenario drama yang bermutu yang pada gilirannya akan mempengaruhi dunia pertelevisian Indonesia, insya Allah bisa diwujudkan," ujarnya penuh semangat....

Acara ini sekaligus menjadi ajang pamitan bagi ketua FLP Solo lama, MN Furqon. Salah satu artis film "Ketika Cinta Bertasbih" ini berniat hijrah ke Jakarta. Pilihan ini tentu bukan tanpa alasan. Sebagai artis, mobilitasnya tentu akan lebih banyak di Ibukota. So, kita doakan semoga pilihannya untuk terjun ke dunia entertaintmen akan membawa kemaslahatan bagi umat....(nanti jangan pada kaget ya, kalau suatu saat melihat wajahnya nongol di layar kaca...).

Sebagai penutup, saya sampaikan sebuah kalimat sederhana yang dikatakan trainer motivasi, Mario Teguh, saat acara "Golden ways" di Metro TV. Ia katakan, "Bila yang anda lakukan adalah suatu kebaikan, maka bersegeralah dan perhatikan apa yang akan terjadi"

So, buat temen-temen semua pengunjung blog ini, mari kita bersegera melakukan kebaikan apapun...Seorang muslim sejati seharusnya tak pernah merasa memiliki waktu luang, karena tugasnya lebih banyak dari waktu yang twersedia...



5 komentar:

  1. selamat Pak Aris

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..
    saya ada keinginan tuk gabung FLP solo caranya gimana yach?
    nama lengkap: Maryanti
    Nama Pena: Jauza' Imtinan
    alamat email mary_psi04@yahoo.com
    blog: www.perhiasandunia.wordpress.com
    www.jauza9.multiply.com
    tolong balas ya..
    syukran

    BalasHapus
  3. Assalamu'alaikum....
    Wuah, mas Furqon, jadi artis,
    Ditunggu film KCB nya tanggal 11 Juni 2009
    Selamat....
    Buat mas Aries, selamat juga....

    BalasHapus
  4. Selamat..ayuh, saatnya berjuang!
    -JBS-

    BalasHapus